Kamis, 07 Oktober 2010

Carlos Slim: Sebuah Perjalanan ( I )

Juan Slim Haddad
Inilah kisah perjalanan Carlos Slim menuju kesuksesan, memang harus diakui bahwa perjalanannya tidak lepas dari kisah perjuangan orang tuanya terutama ayahnya  Juan Slim Haddad seorang Kristen Maronit Lebanon yang memilih untuk meninggalkan negaranya dari pemerintahan otoriter Ottoman dan juga stabilitas politik yang tidak menentu akhirnya memaksanya bersama dengan para pengungsi lainya berbondong-bondong meninggalkan negaranya menuju Mexico yang mempunyai kebijakan lunak terhadap para imigran pada saat itu. Gelombang pengungsian pertama terjadi akhir abad 19 hingga awal abad 20an.

Pada saat tiba di Mexico Juan Slim masih berumur 14 tahun saat itu tahun 1902, beruntung saudara-saudaranya yang lebih tua telah berada di Mexico sebelumnya. Pada awalnya berpatungan dengan saudaranya dengan membuka toko kain hingga menjadi pengusaha yang ternama di Mexico. Juan Slim Haddad menikah dengan Linda Helu tahun 1926 dan mempunyai enam orang anak. Sedang Carlos Slim anak kelima yang sejak kecil bersama-sama dengan saudaranya telah dididik prinsip-prinsip dalam berbisnis. Didikan Sang Ayah yang berpikiran maju lebih dari orang sejamannya akhirnya membuahkan hasil, walau ia sendiri tidak tidak sampai cukup umur dalam menyaksikan keberhasilan Slim muda. Juan Slim Haddad meninggal saat Carlos masih berusia 13 tahun.:

Carlos Slim paling kiri bersama saudaranya
  • 1940: Carlos Slim lahir pada 28 Januari di kota Mexico City ibukota negara Mexico.
  • 1961: Dia berhasil menyelesaikan kuliahnya Teknik Sipil-nya dari National Autonomous University of Mexico (dalam bahasa Spanyol disingkat NAMU), pada saat yang sama ia juga mengajar Aljabar dan Linear Programming, dia mengajar sesudah kuliah, artinya dia seorang murid sekaligus sebagai seorang pengajar .
  • 1965: Dia memasuki Inversora Bursatil sebagai pimpinan dewan direktur. Dengan mengambil alih Jarritos del Sur dan menggabungkannya menjadi Inmobiliaria Carso, dia memulai mendirikan perusahaan  yang pada akhirnya dikenal dengan nama Grupo Carso yang namanya terambil dari huruf awal Carlos dan Soumaya.
  • 1966: Pada akhir tahun dia  menikahi Soumaya Domit Gemayel
  • 1967: Dia mendirikan dan mengepalai Promotora del Hogar, S.A., sebuah perusahaan real estat perumahan, dan GM Maquinaria, yang menjual belikan, serta menyewakan peralatan konstruksi.
  • 1968: Mengambil alih dan mengelola Mina el Volcan SSG Inmobiliaria, S.A.
  • 1969: Tiga buah perusahaan baru mulai beroperasi: Bienes Raices Mexicanos, S.A., Nacional de Arrendamientos, dan Invest Mentor Mexicana.
  • 1972: Pedregales del Sur, S.A. mulai beroperasi.
  • 1976: Mengambil alih 60% kepemilikan Galas de Mexico, yang mencetak berbagai macam label dan kalendar, yang secara signifikan berhasil tingkat operasinya berhasil ditingkatkan.
  • 1980: Grupo Galas yang sekarang bernama Grupo Carso, mulai didirikan yang kegiatan utamanya pada saat itu bergerak di bidang industri, konstruksi, pertambangan, ritel, makanan dan tembakau.
  • 1982: Selama krisis ekonomi tahun 1982, yang mana keuangan negara hampir lumpuh, Carlos Slim tetap melanjutkan berinvestasi di perusahaan-perusahaan seperti Reynolds Alumunio, Sanborns, General Tire, dan lain-lainnya hingga tahun 1984.
  • 1984: Mengambil alih Bimex, S.A., Hulera El Centenario Firestone, 40% kepemilikan dari British American Tobacco, dan 33% saham dari Anderson Clayton. Juga membeli Seguros de Mexico, yang sekarang menjadi Seguros Inbursa, dan mendirikan Grupo Financiero Inbursa yang merupakan gabungan dari Seguros de Mexico, Fianzas La Guardiana dan Casa de Bolsa Inbursa.
  • 1985:Yang ikut bergabung dalam Group antara lain Sanborns, Dennys, Fabricas de Papel Loreto y Pena Pobre, Pamosa, 50% saham Hershey dan Artes Graficas Unidas.
  • 1986: Membeli Empresas Nacobre, Minera Frisco, dan Quimica Fluor dan menambah prosentase saham di Euzkadi.
          Mendirikan Fundacion Carlos Slim Helu, A.C., sebuah sebuah organisasi non-profit yang
          bersifat filantropi yang mempunyai tujuan untuk melayani masyarakat Mexico dengan memberikan
          bantuan dalam melatih dan mengembangkan sumber daya manusia melalui melaui program-program
          yang berdaya guna dan memilii cakupan yang luas.
  • 1990: Grupo Carso go public lewat penawaran saham perdana, yang mana kemudian diikuti dengan merjer perusahaan -perusahaan dalam group, dan melakukan penawaran saham perdana di pasar internasional.
          Di akhir tahun, memenangkan pembelian terhadap Telmex lewat pembelian bersama-sama dengan  
          Southwestern Bell dan Frace Telecom, setelah yang mana Carso Global Telecom, induk
          perusahaan dari Telmex dibentuk. Merk Telcel kemudian di buat dari perusahaan Radiomovil Dipsa, 
          S.A. de C.V.
  • 1991: Membeli kepemilikan Hoteles Calinda (sekarang bernama OSTAR Grupo Hotelero).
  • 1993: Membeli kepemilikan Condumex dan pemilik mayoritas di General Tire dan Grupo Aluminio.
  • 1994: Museo Soumaya didirikan tahun ini yang berisi lebih dari 64.000 benda-benda seni; sebagai tambahan musium juga mengadakan penelitian konservasi dan promosi seni Mexico dan Eropa melalui pameran tetap, tidak tetap dan pameran keliling.
  • 1995: Fundacion Telmex didirikan salah satu organisasi non profit yang bersifat filantropi di Amerika Latin yang dianggap sangat penting.yang mempunyai visi untuk memberikan kontribusi kepada mexico lewat pendidikan, kesehatan, nutrisi, keadilan, budaya, pengembangan diri, konservasi lingkungan, olahraga dan bantuan bencana, mengembangkan peluang yang membuka kesempatan bagi perkembangan secara menyeluruh bagi kemajuan seluruh rakyat Mexico.
  • 1996: Grupo Carso dibagi menjadi tiga perusahaan: Carso Global Telecom, Grupo Carso, dan Invercorporation.
  • 1997: Membeli Sears Roebuck. Di bidang telekomunikasi Telmex mulai beroperasi di AS
  • 1999: Membeli Pasteleria Francesa el Globo, juga mendapat kepemilikan di Tracfone sebuah perusahaan selular di Amerika Serikat. Carso Infraestructura y Costruccion, S.A. (CICSA) di bentuk sebuah perusahaan konsturuksi dan teknik di Mexico yang merupakan bagian dari kelompok Carso di bidang infrastruktur dan kostruksi.
          Soumaya Domit de Slim meninggal dunia meninggalkan warisan yang tidak ternilai harganya; dia selalu
          bekerja untuk pengembangan pribadi orang Mexico dengan beberapa proyek yang masih aktif.
          Diantaranya termasuk Asociacion de Superacion por Mexico, A.C. pendirian kerangka kerja resmi
          untuk donasi organ, dan menulis beberapa seri buku yang berjudul "True Joy is Sadness Overcome"
          dan lain-lain.
  • 2000: America Telecom, grup perusahaan dari America Movil, didirikan dan mendapatkan kepemilikan ekuitas di perusahaann telpon selular ATL dan Telecom Americas, di Brazil; Telgua di Guatemala, Conecel di Ekuador, dan Techtel di argentina.
           Fundacion del Centro Historico de la Ciudad de Mexico didirikan yang bertujuan untuk
          menyelamatkan dan memperbarui are dari pusat kota Mexico yang bersejarah.
       
          Pimpinan dari dewan direktur Telmex, Carlos Slim, dan pimpinan eksekutif dari Microsoft Bill Gates,
          mengumumkan peluncuran porta berbahasa Spanyol   mereka T1msn (sekarang bernama  
          ProdigyMSN). Kerjasama yang strategis ini kemudian menjadi portal yang penting di Mexico.
  • 2001: Terus menambah kepemilkan di perusahaan telpon selular di Brasil termasuk Tess, Telet, Americel, dan kepemilikan yang lebih besar di ATL.
  • 2002: US Commercial mulai beroperasi di Amerika Serikat. menjadi pemilik mayoritas saham  di Comcel Kolumbia, Techtel di Argentina, dan memperbanyak ekuiti di kepemilikan di perusahaan telpon selular di Brasil.
  • 2003: Melanjutkan ekspansinya lewat America Movil dengan mengakuisisi Celcaribe yang beroperasi di Columbia; BSP dan BCP yang beroperasi di Brasil; CTE di El Salvador, dan CTI di Argentina.
  • 2004: Posisi America Movil di Amerika Latin berekspansi lewat Entel dari Nicaragua; Megatel di Honduras; dan sebagian besar saham dari CTE di El Salvador. Membeli AT&T yang beroperasi di Argentina, Brasil, Chili, Kolombia dan Peru dan mendirikan Telmex Latinoamerica. yang berakibat juga mendapatkan kepemilikan dari Chilesat, Techtel, Metrored dan Embratel.
References:
Carlos Slim 
Wikipedia

    3 komentar:

    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    2. Informasi yang menarik, banyak pelajaran yang bisa didapat dari posting ini :)

      BalasHapus