Minggu, 29 Agustus 2010

Tulisan Soros Tentang Seorang Koruptor: Mahathir Muhammad

Berikut ini adalah tulisan George Soros yang dimuat  Bangkok Post (tidak dimuat di media utama Malaysia) tentang korupsi PM Malaysia  Dr Mahathir bin Muhamad dan kroninya serta partai yang menjadi pendukungnya, George Soros bukan hanya seorang investor yang berpengaruh, namun dia juga mempunyai sumber informasi yang sangat baik. Tullisan ini dimaksudkan sebagai jawaban kepada Mahathir terhadap tuduhan yang sempat ia lontarkan terhadap dirinya. Berikut terjemahannya:

Para pembayar pajak sekaligus para pemilih Malaysia harus menjadi korban dari sebuah visi yang hanya memperkaya kelompok tertentu lewat hasil pajak atau uang rakyat. Korupsi oleh Mahathir: JAWABAN SOROS KEPADA MAHATHIR.

Saya selalu mengatakan bahwa Dr. Mahathir adalah suatu ancaman bagi rakyat. Sekarang anda bisa melihat akibat dari kebodohannya, Ringgit turun separo dalam sesaat dan ekonomi menjadi kacau balau.

Anda sendiri yang menyebabkan kemalangan bagi jutaan rakyat Anda. Anda membangun mega proyek yang tak berguna yang menyebabkan beban yang amat besar terhadap negara.

Pembangunan tower telekomunikasi di Kuala Lumpur dan gedung pencakar langit tertinggi di dunia menunjukkan betapa bodohnya Anda. Tidak hanya menyebabkan kemacetan yang parah, itu semua sama sekali tidak bermanfaat. Jika anda membutuhkan dataran tinggi untuk antena telekomunikasi lokasi yang berdekatan dengan itu bisa digunakan secara bebas. Tower tersebut sama sekali tidak bermanfaat dari tanah hingga ketinggian 300 meter. Satelit membuatnya sama sekali tidak berguna.

Orang yang tidak berhati-hati dengan uangnya akan cepat membelanjakannya. Masalahnya adalah Anda tidak pandai dan uang itu milik rakyat Malaysia. Anda mendapat 20% dari setiap proyek, anda mempunyai real estate di Jepang dan milyaran berupa saham yang berasal dari korupsi.

3 orang anak Anda mempunyai US$ 8 milyar. Dari mana mereka mendapat uang ini? tentu saja, dari hasil korupsi.

Anda dikenal sebagai Marcos dari Malaysia, yang memperkaya diri sampai sejumlah milyaran.

Anda berani mengeluarkan air mata buaya pada pertemuan delegasi UMNO tentang masalah penyakit korupsi.

Picture: www.thepetronastowers.com
Namun Anda masih yang paling korup diantara para Perdana Menteri sebelum Anda. Maling teriak maling supaya perhatian bisa teralihkan. Siapa yang berani menuduh saat sang pemimpin ketahuan tangannya sedang berada di dalam kantong permen?

Anda bilang kebijaksanaan bukan hanya monopoli barat. Juga ketololan. Anda lebih bodoh dari yang dapat dipercayai oleh orang-orang. Uang milyaran digunakan untuk membangun dua buah gedung Petronas yang menjulang tinggi dan tidak memberi manfaat bagi siapapun. Sekarang telah berdiri kokoh, sebagai sebuah simbol kebodohan dan kesembronoan. Selain hanya menambah kemacetan...

Apa itu reklamasi 10 pulau lepas pantai Kedah? Benar-benar tidak masuk akal dan bodoh. Tentu saja Anda dapat keuntungan 20%.

Dan jembatan yang melintas dari Malaka menuju pulau Sumatera melewati perairan internasional? Mengapa tidak membangun jembatan menuju bulan? Saya yakin Anda akan mendapatkan 20%. Anda bilang Saya tolol. Bagaimana seorang tolol bisa menghasilkan uang banyak. Dengan cara menjual dan meminjam jutaan saham dari bank-bank Anda kami mendanai banyak manajer dan mendapatkan hasil jutaan (dolar) dari  kekurang pahaman dan regulasi Anda yang buruk.

Anda menghabiskan uang rakyat, karea itu Anda tolol... sekarang Anda baru tahu namun sudah terlambat dan mulai menangisi susu yang terbuang.

Di Australia Anda terkenal sebagai maniak ego yang keras kepala; di Inggris terkenal sebagai bajingan korup karena pembelian bodoh studio film dan 290 juta Ringgit pabrik mobil racing Lotus dan pinjaman dari Inggris yang berbau manipulasi untuk bendungan Pergau (red.: sebuah bendungan di wilayah Kelantan-Malaysia). Semua itu barang "rongsokan" buat kami namun Anda masih mau membelinya.

Bagaimana dengan pembelian kapal selam yang ditolak Inggris, lewat agen anda, tentu agen/perantara anda akan mendapat keuntungan sejumlah jutaan dollar dari Pemerintah Malaysia...

Anda membeli kapal perang kami paling sedikit 50% lebih mahal dari pihak lain yang membeli. Anda membangun  9 Rumah Sakit melalui pihak Inggris yang semuanya tidak mendukung industri atau arsitektur lokal anda dan mereka mengirimkan perlengkapan yang kuno. Desainnya buruk sekali, satu dan lainnya berjarak setengah kilometer dan tidak terdapat CT Scan, sesuatu hal yang tentu saja sangat dibutuhkan.

Di Inggris wajah Anda muncul di paling sedikit 17 media cetak sebagai diktator korup. Di Malaysia Anda dikenal sebagai (IBM) International Big Mouth. D Jepang mereka menyebut Anda "yang paling kecil" (untuk ukuran otak).

Di Kepulauan Pacific, Sinterklas (banyak memberi nasihat kanan kiri). Di Amerika Selatan mereka menyebut burung Beo (banyak bicara tapi tidak tahu apa yang dibicarakan). Di manila Marcos yang hidup

Di Malaysia mereka menghabiskan jutaan untuk menarik para pelancong.dan Anda bicara omong kosong hingga orang asing jadi kembali. Jika seseorang itu diam maka diragukan kebodohannya, namun jika orang bodoh itu mulai berbicara maka keraguan itu pun akan sirna.

Sementara saya setuju pendapat Anda bahwa kebijaksanaan bukan monopoli barat, namun tindakan Anda juga bukanlah yang paling bijak.Lontaran Anda tentang EAEC (Red.:East Asia Economic Caucus) sama sekali tidak ada dukungan bahkan dari ASEAN. Juga tentang South-South Dialogue juga mengalami hal serupa juga apa yang saya dengar ini jembatan dari dari semenanjung Malaysia ke Sumatera sepanjang 20 mil menyeberangi jalur kapal laut di perairan internasional?

Bagaimana bisa muncul ide segila itu? Bahkan jepang pun tidak mempunyai uang sebanyak itu.

Kebodohan dunia seakan terkonsentrasi pada seseorang, yaitu Anda.


Multimedia Super Coridor -MSC- Di AS ini akan dianggap konsep yang paling bodoh karena orang Amerika, pasti akan memikirkannya bertahun-tahun sebelumnya. Walaupun jika hal ini bisa menghasilkan uang, tidakkah kita dengan mudah bisa mengcopinya?

Mengapa Anda menghamburkan uang yang diperoleh dengan susah payah hanya untuk proyek yang tidak jelas arahnya? seperti proyek Bakun (Bendungan yang lebih besar dari Pergau). Banyak dana yang terbuang sia-sia dan pengeluaranya teramat banyak.Saya selalu berkata seharusnya politisi tidak terlibat dalam kegiatan bisnis. Menteri-menteri Anda rata-rata adalah pengusaha dan masig-masing pejabat memperkaya diri sendiri. Lihatlah Rafidah Aziz (Red.: Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia) yang menjual ribuan Approved Permits (APs) untuk kendaraan roda empat yang masing masing seharga 20-30 ribu Dollar Malaysia (Red.: RM 1,- = +/- Rp. 3,000,-). Mengapa bukan pemerintah Ada yang menjual untuk mendapatkan uang. Dia mendapatkan jutaan kepemilikan saham yang dimaksudkan untuk kelompok bumi putera dengan cuma-cuma sebelum  menyetujui untuk diperdagangkan.

Lihatlah Menteri Besar Selangor yang mengumpulkan jutaan dolar dari memberi persetujuan pembangunan gedung pencakar langit dari para pengusaha. Ktidakberuntungan membuat dia tertangkap dengan membawa uang saku berjumlah jutaan saat berada di Australia. Setiap Menteri Besar rata-rata memberi proyek kepada para kroninya dan dari sana kemudian mendapatkan imbalan. dewan pertanahan (Land Development Boards) dan dewan pengembangan ekonomi (Economic Development Boards) digunakan sebagai pemberi dana talangan bagi kerugian yang ditimbulkan oleh para politisi. Keuntungannya mereka simpan, kerugian mereka paksakan pada badan negara untuk menelannya. Bagaimana orang-orang miskin bisa memperkecil jarak kesenjangan sementara setiap proyek yang potensial selalu dirampok oleh politisi Anda? Bagaimana negara Anda bisa keluar dari kemiskinan sementara milyaran uang hasil korupsi dibawa kabur keluar negeri?

Lihatlah Menteri Besar Sarawak menjual konsesi kayu senilai milyaran secara sembunyi-sembunyi; menjual setiap jengkal tanah negara tanpa tender; menggunakan perusahaa miliknya untuk mendapatkan kontrak pemerintah yang menguntungkan; menjual tanda tangan untuk persetujuan dengan embel-embel uang "Anda bayar Kami beri persetujuan". Dia mempunyai 8 juta dollar yang disimpan di luar negeri. Ribuan hektar tanah diberikan kepada satu dua perusahaan sementara ribuan rakyat miskin masih harus tinggal dibawah papan sebagai pengganti rumah; tanpa air dan membuang kotoran kesungai.

Ribuan hektar tanah dijual kepada perusahaan-perusahaan sebagai kawasan industri sementara penduduk lokal tidak mendapatkan satu hektar pun lahan kepemilikan. Dia menjual pasir dekat pantai untuk tanah uruk kemudian meminta pemerintah untuk menghabiskan jutaan uang untuk melindungi wilayah laut jika terjadi erosi.

Dia merugi 300 juta dari uang pemeritah Sarawak dalam usaha pembuatan chips komputer. Dia membangun pelabuhan di utara kota Sarawak yang dangkal sehingga membutuhkan pengerukan setiap tahun. Perdana Menteri membangun jalan tol tanpa tender, kroni Anda yang mendapat kontrak sehingga biayanya menjadi dua kali lipat. Landasan bandar udara Langkawi biayanya menjadi dua kali lipat lewat perusahaan Anda, Ekran.

Negara Malaysia kehilangan 30 milyar selama 10 tahun terakhir di pemerintahan Anda. Kerugian satu milyar dari pembelian hantu pesawat perang Skyhawk tidak ada seorangpun yang pernah melihatnya (apakah mereka masih di gurun Nevada, AS?).

Kehilangan 3 milyar dari skandal timah London (Anda pikir dapat menekan pasar timah London tanpa mengetahui Amerka mempunyai cadangan timah) Kebodohan yang sungguh nyata.

6 milyar uang Perwaja Steel tidak ada seorangpun yang tahu kemana perginya, 3 milyar skandal bank Bumiputra dimana Geoge Tan menyuap semua pegawai untuk mencairkan pinjaman.

Kerugian 6 milyar valas (forex) oleh bank Negara (orang yang tidak hati-hati dengan uangnya akan cepat membelanjakannya) dan 6 milyar untuk membangun 3 gedung paling tinggi di dunia (dibangun oleh Jepang dan Korea dan furnitur diimport dari Perancis-bukan Malaysia) dan kerugian 1 milyar untuk pembelian kapal perang Inggris termasuk untuk membayar broker dan dilakukan secara tertutup...

Ditambah 10 milyar yang Anda curi dan 5 milyar oleh para Menteri.

Tahun 1997 pertemuan World Journalist dan memilih Dr. Mahathir sebagai Perdana Menteri nomor satu selama satu dekade, ini terdengar aneh bagi setiap orang sampai terbongkar siapa yang menentang diancam oleh pejabat IRD akan kehilangan pekerjaan. Di New York, pertemuan PBB tahun 1997, Kepala pemerintahan paling korup selama satu dekade yang pertama Presiden Suharto yang kedua Dr. Mahathir (Sebenarnya Dr Mahathir menempati tempat pertama tetapi karena di sogok Indonesia menempati peringkat pertama)

Ada lima puluh ribu mahasiswa yang tidak mendapat tempat di Malaysia tetapi cukup baik bahkan di luar negeri yang berakibat kerugian milyaran dollar. Orang Inggris dan Australia berpikir betapa bodohnya hal tersebut. Pelajar terbaik anda kirim keluar negeri untuk meningkatkan mutu standar tetapi kebanyakan negara lain justru menyimpan mahasiswa terbaiknya di universitas lokal dan dilarang untuk dikirim ke luar negeri. Seorang mahasiswa yang berkuliah di Hongkong itu lebih berkulitas daripada sesamanya yang di Australia.

Anda dijajah oleh Inggris sedemikian lama hingga anda tidak mampu lagi memberikan pendidikan rakyat anda. Lihatlah Hong Kong dan Singapor, kurang dari 5% yang dikirim keluar negeri. Sehingga menghemat biaya. Negara anda bisa menghemat milyaran jika setiap mahasiswa yang belajar di luar negeri kembali ke universitas lokal, sambil pada saat yang sama menaikkan taraf mutunya.

Rakyat anda masih banyak yang tidak bersepatu, tanpa lahan untuk bertani, tidak mempunyai rumah, mandi di sungai, membuang kotoran di lubang tanah, tanpa air dan listrik. Kota-kota anda adalah hutan beton tanpa ada penghijauan dan ruang terbuka. Kuala Lumpur lalu lintasnya terlalu macet.

Tetapi anda tetap membangun bangunan bertingkat. Anda seharusnya turun dari awan dan berhenti bermimpi di siang bolong serta menjejakkan kaki anda kuat-kuat ke tanah.

Sekolah-sekolah anda dijejali 500 murid kurang dari satu hektar, dan ribuan hektar diberkan kepada politikus dan dibiarkan menganggur.


Doa rakyat Malaysia "Ya, Allah terimakasih atas berkahmu berupa kayu, minyak, dan beras. Tapi kemudian iblis mengirim  Mahathir yang korup dan tanpa otak dan akhirnya kita kembali dari awal sekali lagi. Jadi kembalikan Dr. Mahathir ke neraka maka hidup kita akan baik kembali."

Di China seseorang akan ditembak bila menggelapkan uang seribu dollar. Dengan 8 milyar yang Anda curi, anda akan ditembak 80 ribu kali. Sekarang Anda pemimpin kampanye anti-korupsi. Kami tahu apa yang seharusnya dilakukan. Lihatlah diri Anda lewat cermin. Lihatlah yang menjahati Anda . Kemudian gunakan tangan kiri untuk memotong tangan kanan Anda.



Anda mengirim pemimpin oposisi bersama anak lelakinya ke penjara ketika mereka di parlemen berteriak bahwa Anda adalah PM paling kaya di dunia. Bersama teman koleganya juga yakni Mr.Karpal Singh selama dua tahun mendekam
.

Jadi saya mendapatkan upah atau sogokan jika sekarang saya bilang Anda adalah PM paling miskin sedunia? Ketiga anak lelaki Anda duduk dalam dewan direksi di 200 perusahaan. Mereka pasti telah bersekolah di Harvard School of Business hingga mendapat penghargaan? Atau hukum ini yang berlaku "Anda tidak tahu apapun tentang Saya, dan Anda tidak punya urusan dengan Malaysa". Milyaran ringgit Kumpulan Wang Simpanan Pekerja (Employee's Provident Fund) dan dana publik Petronas semua digunakan untuk menalangi anak anak Anda yang merugi dalam setiap investasi usaha yang anda pikir bisa mengasilkan uang. Betapa tidak beretika dan korup. Setiap politisi anda duduk dalam puluhan dewan perusahaan yang mengantongi ribuan uang tanpa usaha, Meminjamkan nama jabatan penting mereka untuk meminjam uang dari bank lokal tanpa jaminan...

Sekarang hal tersebut menyebabkan kredit macet. Sekarang anda ingin 20 juta rakyat Malaysia untuk berkorban demi kebodohan SATU orang? Mengapa yang bodoh tidak lengser dan mengakui dialah yang membuang sia-sia dan mengambil sebagian besar uang itu. Saya bisa mengajari Anda bagaimana membuat perekonomian negara Anda kembali sebagai mana mestinya tapi pertama-tama anda harus minta maaf kepada rakyat Malaysia.
Source: 
malaysiadigest.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar