Senin, 06 September 2010

Warren Buffett dalam Catatan Waktu

Tentang Warren Buffett, seorang yang pernah menduduki urutan pertama dalam daftar majalah Forbes sebagai orang yang terkaya di dunia, perjalanannya sungguh dimulai dari nol berikut kronologinya:
Young Buffett
  • 30 Agustus 1930: Warren Edward Buffet, lahir bagi kedua orang tuanya, Howard dan Leila Buffet di Nebraska
  • 1941: Pada umur sebelas tahun, Warren membeli saham pertamanya. Dia membeli 6 saham preferen Cities Service (3 untuk dirinya, 3 lagi buat saudarinya, Doris) dengan harga US$ 38,- per lembar. Nilai saham turun menjadi US$27,- tapi sebentar kemudian kembali menjadi US$40,-. Warren dan Doris menjual saham mereka. Tak lama sesudah itu justru naik menjadi US$200,- per lembar.
  • 1943: Warren menyatakan kepada sahabat keluarganya bahwa dia akan menjadi jutawan dalam usia tigapuluhan tahun, atau "(Dia akan) loncat dari gedung tertinggi di Omaha."
  • 1945: Warren mengantongi $175 per bulan dari meloper koran Washington Post. Usia 14 tahun dia menginvestasikan US$1.200,- hasil tabungannya dengan membeli lahan pertanian seluas 40acre (+/- 20 ha)
  • 1947: Mejelang akhir masa SMU, Warren dan seorang temannya membeli mesin pinball bekas seharga US$25,-. Buffett mulai berpikir tentang potensi mendapat untung, dan menempatkannya di dekat tuakang cukur rambut. dalam beberapa bulan, dia memiliki tiga buah mesin di tiga tempat berbeda. Usahanya ia jual setahun kemudian seharga US$1.200,- kepada seorang veteran perang.
  • 1947: Warren telah mendapat US$5.000,- dari mengantar koran. Ayahnya menekannya untuk masuk kuliah, sebuah saran yang tidak begitu ia perhatikan. Meskipun begitu, tahun itu juga ia mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru pada Wharton School of Finance and Commerce di Pensylvania. Buffet tidak menyukainya, ia mengeluh lebih tahu daripada para dosennya.
  • 1949: Teman sekelasnya kembali menemukan Warren tidak terdaftar lagi di Wharton.dia ditransfer ke University of Nebraska.
  • 1949: Warren mengikuti banyak kelas, tetapi ia telah memulai hidupnya.Dia ditawari pekerjaan di J.C. Penny sehabis kuliah, tapi dia menolak. Dia lulus kuliah hanya dalam tiga tahun dengan mengambil tiga mata kuliah terakhir di musim panas. tabungannya telah mencapai US$9.800,-.
  • 1950: Buffet melamar masuk Harvard Business School, tetapi ditolak. Dia kemudian mendaftar di Columbia setelah mengetahui Ben Graham dan David Dodd, dua orang analis surat berharga yang ternama, adalah pengajar disana.
  • 1951: Warren mendapati Graham duduk di dewan asuransi GEICO. Dengan menaiki kereta api ia menuju Washington D.C., dan mengetuk pintu kantor pusat sampai seorang penjaga gedung mempersilahkannya masuk. Setelah bertanya apakah ada seseorang yang sedang bekerja, dia bertemu seseorang di lantai enam gedung, yang pada akhirnya adalah seseorang yang mempunyai kedudukan yang tinggi di perusahaan. Mereka berbincang beberapa jam sementara Warren menanyainya tentang bisnis dan asuransi secara umum. (sekarang Buffet adalah pemilik utuh dari GEICO).
  • 1951: Warren kembali ke tempat tinggal asalnya dan mulai berpacaran dengan Susan Thompson.
  • 1951: Buffet membeli sebuah stasiun bahan bakar Texaco sebagai investasi sampingan. Namun tidak sesuai dengan yang ia harapkan. Sementara itu, ia bekerja sebagai pialang saham.
  • 1951: Buffet mengikuti kursus public speaking di Dale Carnegie. Dengan menggunakan apa yang telah dipelajarinya, dia mulai mengajar kelas malam di University of Nebraska tentang "Prinsip-prinsip Investasi". Mahasiswanya berumur dua kali umurnya {dia masih 21 pada saat itu}.
  • April, 1952: Warren dan Susie menikah. Mereka menyewa sebuah apartemen dengan sewa sebesar US$ 65,- perbulan, kemudian lahir anak yang juga bernama Susie.
  • 1954: Ben Graham menelpon Warren dan menawarinya pekerjaan di perusahaan miliknya (Partnership). Gaji awal Buffet US$12.000,- setahun.
  • 1956: Graham pensiun dan menutup perusahaannya. Sejak enam tahun meninggalkan bangku kuliah tabungan Warren telah bertambah dari US$9.800,- sampai lebih dari US$140.000,-.
  • 1956: Buffet pulang kampung ke Omaha. 1 Mei, Warren mendirikan Buffet Associates, Ltd. Tujuh orang anggota keluarga bersama beberapa teman mengumpulkan total US$105.000,-. Buffet sendiri hanya menginvestasikan sebesar US$100,- . Sekarang dia menjalankan dana kemitraannya  sendiri, dan tidak akan pernah lagi bekerja untuk orang lain. Selama tahun berjalan, dia membuka dua kemitraan tambahan. Sehingga yang berada di bawah manajemennya menjadi tiga. Beberapa tahun kemudian ketiga-tiganya dikonsolidasikan menjadi satu.
Source:
By Joshua Kennon - About.com

2 komentar:

  1. Kunjungan balik; Salam hangat....

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya,Raih Rp.7 Juta dalam 7 hari hanya dengan mengkampanyekan menanam pohon secara online
    http://goo.gl/GceX9Y

    BalasHapus