Rabu, 13 Oktober 2010

Tips Dahsyat!


Sumber
Berikut ini adalah tips dahsyat yang secara tidak sengaja saya temukan; bagaimana agar waktu mengiris bawang merah mata anda tidak tidak pedih dan mengeluarkan air mata. Kisah berikut nyata, berdasarkan yang saya ketahui dan alami. Kejadian ini diawali saat saya melihat ibu saya yang sedang mengiris bawang merah sebanyak kurang lebih setengah kilo (maklumlah soalnya mau ada acara pesta di rumah...hehehe) namun setelah saya tanya tidak merasa pedih katanya.

"Bu, apa tidak terasa pedas?" tanyaku sambil memperhatikan jari-jari lincah mengiris bawang merah.

"Nggak," jawabnya kalem, yang membuatku keheranan, sekaligus bertanya, apa rahasianya hingga matanya tidak berair sama sekali nampaknya. Setelah berfikir keras sejenak, dan bertanya-tanya dalam hati laksana Si Albert Einstein, akhirnya ketemulah apa yang menjadi jawabnya...Aha! Pada saat itu juga setelah mengamat-amati sekian lama dengan mencoba mencari-cari bukti dan alasan, serta memperhatikan dan mengobservasi secara teliti laksana detektif Sherlock Holmes, maka saya dapati ibu memakai kacamata yang cukup lebar seperti milik Nobita dalam serial Doraemaon  kartun Jepang yang lucu yang pernah tayang di televisi. Jadi saya bayangkan kacamata ibu seperti bola mata Si Doraemon yang selalu bulat...hihi....lucu, cantik dan pandai mengiris bawang. Begitulah ibu.

Untuk memastikan kebenaran teoriku tersebut aku langsung bertanya pada ibu, "Bu, kalo pakai kacamata seperti itu, nggak pedas ya, Bu?"
Albert Einstein & Sir Isaac Newton. Photo: Photobucket
"Iya," Jawabnya singkat. Betapa senang hatiku mendengarnya, ternyata teoriku bahwa mata dilindungi oleh kacamata dari uap atau gas bawang merah yang diiris telah dibuktikan oleh ibu. artinya aku adalah seorang penemu seorang yang sangat berjasa bagi sesama manusia. Kalau boleh dibandingkan perasaanku saat itu mungkin sama seperti Isaac Newton kalau gak salah namanya yang menemukan teori Gravitasi bumi, saat tanpa sengaja menemui buah apel yang sedang jatuh dari pohonnya. Betapa senangnya hatiku saat itu. Eureka!
Bisa ngiris bawang merah?  Photo


Karena itu saya membagikan tips ini kepada pembaca sekalian, agar saat mengiris bawang merah mata tidak merasa pedas, berikut tipsnya:

1. Pakailah kacamata yang lensanya amat lebar.
2. Jangan memakai kacamata gelap saat mengiris bawang merah
3. Walaupun cukup lebar jangan sekali-kali memakai kacamata kuda saat mengiris bawang merah

Demikian tips dari saya semoga berguna bagi kita semua.

8 komentar:

  1. Selamat siang Mboh, terima kasih tips yang menarik, krn keseharian wanita Indonesia selalu akrab dengan bawang, sungguh menambah pengetahuan saya terima kasih infonya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    BalasHapus
  2. Maaf, coba komen lagi.
    Terimakasih tipsnya, biar ibu2 bebas dari iritasi mata karena uap dan gas bumbu seperti jeruk dan cabe juga.

    BalasHapus
  3. hahaha tips yang berharga mahal, penemuan amazing! segera patenkan bos

    BalasHapus
  4. udah lama nggak ngiris bawang ini brother
    ehehehhee

    BalasHapus
  5. mengiris bawang sambil melirik kekanan kekiri seperti penari,mungkin dapat membantu saat aktifitas iris-mengiris bawang :D

    BalasHapus
  6. pake kacamata renang bang....hahaha
    boleh juga tips nya,
    salam persahabatan :)

    BalasHapus
  7. Kalau pake helm pembalap, asyik juga kayaknya, hehe..
    Tulisannya menghibur, salam hangat;

    BalasHapus